Sunday, December 22, 2013

Teori Pengecatan Kendaraan (Bab X)

BAB X
ALAT PELINDUNG DIRI (APD)


Alat pelindung diri (APD) adalah kelengkapan yang wajib digunakan saat bekerja sesuai kebutuhan untuk menjaga keselamatan pekerja itu sendiri dan orang di sekelilingnya. Kewajiban itu sudah disepakati oleh pemerintah. Kewajiban dan hak tenaga kerja adalah memakai alat-alat pelindung diri yang diwajibkan. Sedangkan  kewajiban pengurus/perusahaan adalah menyediakan secara cuma-cuma, semua alat pelindung diri yang diwajibkan pada tenaga kerja   yang berada dibawah pimpinannya dan menyediakan bagi setiap orang lain yang memasuki tempat kerja tersebut, disertai dengan petunjuk petunjuk yang diperlukan menurut petunjuk pegawai pengawas ahli keselamatan kerja. Agar APD dapat berfungsi sebagaimana mestinya perlu dilakukan perawatan dengan meletakkan APD pada tempatnya setelah selesai digunakan, melakukan pembersihan secara berkala, memeriksa APD sebelum dipakai untuk mengetahui adanya kerusakan atau tidak layak pakai, dan memastikan APD yang digunakan aman untuk keselamatan jika tidak sesuai maka perlu diganti dengan yang baru.
APD yang digunakan antara lain : pelindung kepala (topi atau helm), kacamata, respirator, pakaian kerja atau wear pack, sarung tangan, sepatu safety dan lain-lain.
    1. Pelindung kepala (topi atau helm)
Pelindung kepala akan melindungi operator painting dari debu cat pada saat proses pengecatan. Pelindung kepala dapat menggunakan topi atau helm tergantung dari kondisi yang terjadi di lapangan.
Gambar 10.1 topi dan helm
    1. Kacamata
Kacamata (goggles) berfungsi untuk melindungi mata dari cat dan thinner, serta dari putty atau partikel metal yang timbul pada saat pengamplasan (sanding).
Gambar 10.2 Kacamata pengaman
    1. Masker
10.3.1 Masker partikel
Masker partikel dikenakan dalam setiap operasi yang melibatkan partikel-partikel yang berterbangan, misalnya pada saat pengamplasan dempul (putty sanding). Masker ini tidak digunakan sekali pakai, akan tetapi bisa digunakan berkali-kali dengan mengganti filter
Gambar 10.3 Masker partikel

10.3.2 Masker Respirator
Masker respirator digunakan pada saat proses pengecatan dengan partikel-partikel cat, thinner, dempul dan partikel lain yang beterbangan. Masker respirator juga menggunakan filter yang dapat diganti seperti pada masker partikel tetapi filter dalam masker respirator lebih tebal sehingga dapat menyaring partikel yang lebih halus.
Gambar 10.4 Masker respirator

10.3.3 Masker sederhana
Masker sederhana adalah masker berupa kain yang didalamnya terdapat filter untuk menyaring partikel. Masker sederhana bisanya digunakan untuk sekali pakai.
Gambar 10.5 Masker sederhana
    1. Pakaian kerja atau wear pack
Pakaian kerja merupakan alat untuk melindungi tubuh operator dari debu dan partikel dari cat dan thinner pada proses pengecatan, sehingga tubuh operator aman dari bahan kimia.
Gambar 10.6 pakaian kerja
    1. Sarung tangan
Sarung tangan ini mencegah penyerapan solvent (pelarut) organik kedalam kulit. Sarung tangan yang digunakan dalam pengecatan adalah sarung tangan karet. Karena dengan menggunakan sarung tangan karet, larutan cat atau thinner tidak dapat meresap kedalam kulit. Jika menggunakan sarung tangan katun, maka larutan cat atau thinner akan meresap kedalam sarung tangan sehingga akan membuat iritasi kulit.
Gambar 10.7 Sarung tangan katun dan karet
    1. Sepatu safety
Sepatu safety adalah sepatu yang memiliki plat metal disekeliling ujung telapak kaki dan sol yang tebal untuk melindungi kaki sehingga akan melindungi kaki dari benda keras. Ada pula tipe sepatu pengaman yang memiliki sifat anti-statik.
Gambar 10.8 Sepatu safety

No comments: