Monday, December 16, 2013

Memperpanjang Usia Accu dengan EDTA

Memperpanjang Usia Accu dengan EDTA

Accu
Accu
Seiring dengan masa/ usia pakai accu basah pada kendaraan, lembar cell accu akan terlapis oleh deposit Sulfat. Semakin tebal deposit sulfat ini membuat accu semakin rendah performanya. Hingga saking tebalnya deposit tadi.. akhirnya membuat accu benar-benar mati / soak, tidak bisa diisi (recharge) lagi.
Umumnya .. solusinya adalah harus mengganti dengan accu baru.


Kita bisa membuat langkah alternatif untuk memperpanjang masa pakai accu basah pada mobil atau motor kita. Banyak informasi yang di dapat di Internet tentang bubuk EDTA ( ethylenediamine tetraacetic ) . Bubuk EDTA sendiri umumnya sering digunakan untuk pengawet makanan. Namun karena penggunaannya ternyata juga bermanfaat untuk merontokkan deposit sulfat pada cell accu, dibuat EDTA yang lebih khusus dengan kode Na4-EDTA (Tetrasodium EDTA) . Pada beberapa toko kimia menyebutnya sebagai “EDTA Teknis“.

Sekilas Dasar Teori

enam bergigi
Enam Bergigi
Asam ethylenediaminetetraacetic, luas disingkat EDTA , adalah asam karboksilat dan polyamino, tidak berwarna larut dalam air yang solid. Basa konjugasinya bernama ethylenediaminetetraacetate. Hal ini banyak digunakan untuk melarutkan limescale. Kegunaannya muncul karena perannya sebagai ("enam-bergigi") hexadentate ligan dan pengkelat, yaitu kemampuannya untuk ion "menyita" logam seperti Ca2 + dan Fe3 +. Setelah terikat oleh EDTA, ion logam dalam larutan tetap, tetapi menunjukkan reaktivitas berkurang. EDTA diproduksi sebagai garam beberapa, terutama dinatrium EDTA dan kalsium dinatrium EDTA.
EDTA4-adalah anggota dari keluarga asam karboksilat polyamino dari ligan. EDTA4-biasanya mengikat kation logam melalui dua amina dan empat karboksilat. Banyak dari senyawa koordinasi yang dihasilkan mengadopsi geometri oktahedral. Meskipun konsekuensi kecil untuk aplikasi nya, ini kompleks oktahedral kiral. Anion [Co (EDTA)] - telah diselesaikan menjadi enantiomer Banyak kompleks dari EDTA4-mengadopsi struktur yang lebih kompleks karena  pembentukan ikatan tambahan untuk air, yaitu tujuh koordinat kompleks, atau  perpindahan dari satu lengan karboksilat oleh air. Ferri kompleks EDTA adalah tujuh-koordinat.

Fe-Edta
Fe-Edta


Awal bekerja pada pengembangan EDTA dilakukan oleh  Gerold Schwarzenbachada 1940-an.  EDTA membentuk kompleks sangat kuat dengan Mn (II), Cu (II), Fe (III ), Pb (II) dan Co (III).

Beberapa fitur dari kompleks EDTA yang relevan dengan aplikasi. Pertama, karena denticity tinggi, ligan ini memiliki afinitas tinggi untuk kation logam:

[Fe (H2O) 6] 3 + + H4EDTA [Fe (EDTA)] - + 6 H2O + 4 H + (Keq = 1025,1)

Ditulis dalam cara ini, hasil bagi keseimbangan menunjukkan bahwa ion logam bersaing dengan proton untuk mengikat EDTA. Karena ion logam secara luas diselimuti oleh EDTA, sifat katalitik mereka sering ditekan. Akhirnya, karena kompleks dari EDTA4-adalah anionik, mereka cenderung sangat larut dalam air.
Untuk alasan ini, EDTA mampu melarutkan endapan oksida logam dan karbonat.

PUSING Mbaca Teorinya ... SAMMMMAAAA ........  /(*0*)\

Pokoknya kita ambil kalimat terakhir aja Untuk alasan ini, EDTA mampu melarutkan endapan oksida logam dan karbonat.

Cara Kerja

Ayo Kita Langsung Praktek saja daripada Pusing, Pertama kita beli EDTA ditoko Kimia,
Saya Bagi 2 Cara Penangganan,
1. Pengunaan Untuk Dosis Tinggi (Pertama Kali Pengunaan)
2. Pengunaan Perawatan.

1. Pengunaan Dosis Tinggi.

Edta, Alat Suntik dan Air Accu
Edta, Alat Suntik dan Air Accu
Siapkan Alat dan Bahan Seperti Gambar disamping ini, 
- Alat Suntik Bekas untuk mempermudah pekerjaan
- Gelas Kecil.
- Air Accu Ukuran Kecil (Maaf Kertas saya ambil - non Iklan)


Masukkan Cairan kedalam Accu
Masukkan Cairan kedalam Accu
Cara nya Ambil  Air accu Kira-kira setengah gelas penuh , lalu ambil bubuk Edta 1 sendok makan, Lalu aduk sampe merata, setelah tercampur merata, Kita buka accu yang akan dirawat, lalu ambil air accu yang sudah mengandung edta terlarut untuk kemudian dimasukkan secara merata kedalam Accu

2. Pengunaan Perawatan

Sedang dalam Dosisi Perawatan Tinggal Kita Isi Air Accu sisa dalam Botol dengan Edta sebanyak 1/2 Sendok Teh, Larutkan, Dan Kemudian Air Accu Tersebut Kita Simpan Untuk Mengisi Accu bila kelak Accu Kita tinggi permukaan Cairannya menurun

Semoga Bermanfaat

No comments: