Tuesday, December 24, 2013

SISTEM STARTER KENDARAAN PDF/DOC

SISTEM STARTER 

Motor Starter

FUNGSI
Sebagai Penggerak mula, ketika mesin pertama kali di nyalakan

TERDAPAT 3 JENIS SISTEM STARTER

1. TIPE PLANETARY

Pada starter tipe ini menggunakan tiga buah gear sebagai penopang poros armature juga sebagai penggerak armature itu sendiri sebelum memutar kopling dan pinion gear.


 2. TIPE REDUKSI

Pada starter tipe ini terdapat gear-gear yang saling mereduksi dari kumparan armature hingga ke gear pada poros kopling


3. TIPE KONVENSIONAL

Gambar Dinamo Starter atau motor Starter mobil

Pada starter tipe ini hanya terdapat satu buah gear yaitu pinion gear yang akan terhubung ke fly wheel gear ketika drive lever mendorong gear tersebut saat starter berputar

SISTEM STARTER


KOMPONEN STARTER


komponen motor starter
komponen motor starter


Keterangan :

1. Kumparan penahan
2. Kumparan penarik
3. Pegas pengembali
4. Lengan pendorong
5. Pegas penghantar
6. Rumah kopling
7. Plat rumah kopling
8. Roda gigi pinion
9. Poros anker
10.Ring pembatas
11.Sekrup ulir memanjang
12.Ring penghantar
13.Terminal 30
14.Kontak utama
15.Pegas pengembali kontak
16.Plat penghubung kontak
17.Rumah selenoid
18.Rumah komutator
19.Rumah sikat arang
20.Sikat arang
21.Lamel komutator
22.Sepatu kutup magnet
23.Anker
24.Rumah motor starter (yoke)
25.Kumparan medan

MOTOR STARTER REDUKSI


CARA KERJA STATER
1. Saat Kunci Kontak ON

JALANNYA ARUS
  • Baterai -> kunci kontak ->terminal 50 -> hold in coil -> massa
  • Baterai -> terminal 50 -> pull in coil -> terminal C -> Kumparan medan -> anker -> massa


2. Pada Saat Pinion Berkaitan Penuh

Jalannya Arus
  • Baterai -> kunci kontak -> terminal 50 -> kumparan penahan -> massa
  • Baterai -> terminal 30 -> saklar utama -> terminal C -> Kumparan medan -> brostel -> komutator -> anker -> komutator -> brostel -> massa


3. Pada Saat Switch Starter OFF


Jalannya Arus
  • Baterai -> Terminal 30 -> Terminal utama -> Terminal C -> Kumparan medan -> brostel -> komutator -> Anker -> komutataor -> brostel -> Massa
  • Baterai -> Terminal 30 -> Terminal utama -> Terminal C -> pull in coil -> hold in coil -> Massa
URAIAN
Untuk mempersempit materi bahasan tentang sistem starter, blogger hanya akan membahas tentang sistem starter tipe konvensional saja. seperti gambar di bawah ini.
KETERANGAN GAMBAR
1. SWITCH STARTER
2. PEGAS PLUNYER
3. PLUNYER
4. DRIVE LEVER
5. FRONT HOUSING 
6. PINION GEAR
7. STOP COLAR
8. ARMATURE
9. RING PENAHAN 
10.REAR HOUSING
11.BRUSH HOLDER
12.FIELD COIL
13.BRUSH
14.BOLD HOLDER
 

KOMPONEN BESAR UTAMA SISTEM STARTER

1. KUMPARAN MEDAN (FIELD COIL)
    Fungsi : Untuk menimbulkan medan magnet dalam arah mendatar


2. KUMPARAN JANGKAR (ARMATURE)
    Fungsi : Untuk menimbulkan medan magnet dalam arah melingkar

Pada armature terdapat komponen, yaitu :   
    1. KOMUTATOR
        Fungsi : Untuk kedudukan sikat arang karbon (Brush)
    2. STARTER CLUTCH
        Fungsi : Untuk mencegah putaran berlebih dari motor starter
    3. PINION GEAR
        Fungsi : Untuk memutar roda gigi fly wheel
          

3. RANGKAIAN SIKAT DAN SIKAT
    Fungsi : sebagai tempat kedudukan sikat dan juga untuk mengalirkan arus listrik kedalam rangkaian starter
 
4. SWITCH STARTER
    Fungsi : Untuk menghubung dan memutuskan arus litrik yang mengalir pada pada rangkaian

Terdapat 3 Terminal pada switch starter yaitu : 30, 50 dan C
dan juga terdapat dua buah gulungan utama yaitu : Pull in Coil dan Hold in Coil


 5. DRIVE LEVER
    Fungsi : Untuk menghantarkan atau mendorong pinion gear terhubung ke fly wheel gear

CARA KERJA SISTEM STARTER DALAM RANGKAIAN

 

Ketika kunci kontak di ON kan, arus listrik dari baterai mengalir melewati rangkaian sikring lalu ke terminal 50 dari switch starter.
bersamaan dengan itu ada pula sebagian arus listrik yang mengalir ke terminal 30 dari switch starter yang dapat menimbulkan kemagnetan dari kumparan Pull in Coil dan Hold in Coil dari switch starter yang menarik plunyer switch starter sehingga drivel lever mendorong kopling dan pinion gear ke fly wheel gear

PERAWATAN DAN PERBAIKAN SISTEM STARTER
1. LAKUKAN PENGUKURAN PADA KUMPARAN JANGKAR (ARMATURE)
a. Pengukuran komutator hubungan terbuka  
 
Jika terdapat hubungan, maka armature baik namun jika tidak terdapat hubungan maka kontinuitas armature putus

 b. Pengukuran komutator hubungan masa

Jika tidak terdapat huungan maka armature baik, namun jika terdapat hubungan maka kontinuitas armature bocor


2. LAKUKAN PENGUKURAN PADA FIELD COIL
c. Pengukuran sirkuit Field Coil hubungan terbuka

Jika terdapat hubungan maka field coil baik namun jika tidak terdapat hubungan maka continuitas field coil putus


d. Pengukuran sirkuit Field Coil hubungan massa

Jika tidak terdapat hubungan maka field coil baik namun jika terdapat hubungan maka continuitas dari field coil bocor


3. LAKUKAN PENGUKURAN PANJANG SIKAT DAN RANGKAIAN SIKAT


Panjang sikat yang diukur tergantung dari tipe starter yang  di  gunakan oleh kendaraan masing-masing namun jika sikat masih panjang dan kondisinya masih baik (belum aus dan rompal) tidak perlu diganti




Pada Pengukuran isolasi sikat seharusnya tida ada hubungan namun jika ada hubungan maka rangkaian sikat harus di ganti


4. LAKUKAN PEMERIKSAAN STARTER CLUTCH DAN PINION GEAR


KERUSAKAN - KERUSAKAN MOTOR STARTER
1. Rangkaian sikat dan sikat sudah aus atau putus
2. Kumparan switch starter rusak
3. kumparan Field Coil Bocor atau putus
3. Sepatu kutub terbakar
3. Sikring putus
4. Baterai soak

Sumber :
http://otomotifdasar.blogspot.com/2012/10/sistem-bate2rai.html
http://aripduank.blogspot.com/2010_10_10_archive.html

BIAR TAMBAH FRESH BRO... lanjutin bacanya ya..



No comments: