Mengenal Komponen Aki
( http://aki.gs-astra.com/index.php/tips-faq )
Kenali beragam komponen dalam aki anda
Keunggulan Aki MF GS Astra
Teknologi Aki MF untuk Iklim Tropis
Tangguh untuk iklim Tropis IndonesiaDidesain khusus untuk iklim tropis Indonesia.
Tanpa Perawatan
Tidak perlu lagi mengecek dan menambah air aki, sehingga menghemat waktu dan biaya perawatan. Kerusakan aki akibat kelalaian mengecek dan menambah air aki menjadi tidak ada.
Daya Start Tinggi
Aki MF GS Astra dapat menyimpan energi listrik lebih lama bahkan cocok untuk digunakan pada kendaraan yang relatif jarang dipakai atau kondisi mesin mobil dingin.
Bebas Korosi/Karat
Sehingga kebersihan mobil dan aki lebih terjaga.
Petunjuk Keamanan Aki
Taatilah petunjuk yang tertulis di sini karena merupakan hal-hal penting yang berhubungan dengan keamanan
Penanganan Aki
Simak tips penanganan aki yang baik sejak anda membuka segel, menggunakan, hingga memasang dan melepasnya.
- BARU
Supaya umurnya panjang aki harus dirawat. Dimulai sejak segel untuk pengisian air aki masih tertutup. Ketika membeli aki, lepaskan penutup yang terbuat dari aluminium foil tersebut.
Setelah itu isi dengan accu zuur (H2SO4) dengan berat jenis 1.260 (bisa diukur pakai alat hydometer). Lebih dikenal dengan sebutan air aki berwarna botol/lebel merah. Ingat ya, jangan sekali-kali isi dengan air aki berwarna botol/lebel biru. Agar lebih maksimal, diamkan beberapa saat sebelum digunakan.
Penanganan aki diatas adalah untuk aki standar seperti aki GS Premium, sedangkan untuk aki GS Hybrid dan aki GS Maintenance Free bisa langsung untuk digunakan tidak perlu menunggu untuk mengisi accu zuur dan tidak perlu juga didiamkan beberapa saat.
- PENGGUNAAN
Selama penggunaan aki juga perlu penanganan yang baik. Kondisi air harus selalu pada batas antara lower level dan upper level. Jika kurang harus segera ditambah. Ketika menambah, hanya boleh pakai aki botol biru H2O. Jangan gunakan air apapun, apalagi air tanah atau air minum.
- MEMASANG/MELEPAS AKI
Ketika memasang, dahulukan kutub positif. Sedangkan saat melepas, dahulukan kutub negatif. Ini untuk mencegah terjadinya hubungan pendek antara terminal positif dengan body mobil.
Kencangkan baut pengikat terminal aki dengan baik dan benar. Kalau kendur, proses pengisian dan pelepasan arus tak akan maksimal.
Apa Saja Yang Kerap Menimpa Aki?
Umur pakai aki mobil terasa pendek?
Jangan buru-buru ngambek or menuduh aki enggak beres. Coba telisik lagi
perlakuan Anda terhadap aki atau jalur kelistrikan yang ada. Bisa saja
umur pendek aki justru akibat kelalaian sendiri.
Umur pakai aki mobil terasa pendek? Jangan buru-buru ngambek
or menuduh aki enggak beres. Coba telisik lagi perlakuan Anda terhadap
aki atau jalur kelistrikan yang ada. Bisa saja umur pendek aki justru
akibat kelalaian sendiri.- Badan aki dibiarkan kotor berdebu. Memang tak ada salahnya, hanya mengganggu penampilan. Tapi karena kotor, kita jadi sulit melihat kondisi air aki dari luar. Jangan-jangan sudah berada di bawah lower level tapi tak terpantau.
- Pengisian tak cukup. Akibat fungsi alternator yang menyuplai listrik ke aki tak bekerja maksimal. Jadi ketika mobil dihidupkan, arus listrik tak cukup. Selain itu bisa akibat kabel terminal aki yang kotor atau kendor.
- Air aki mendidih ketika kendaraan dipakai dalam jangka waktu lama. Hal ini akibat aki kelebihan arus listrik. Bisa terjadi karena voltage regulator, atau lebih tenar dengan sebutan IC Regulator dalam alternator sudah rusak. Sehingga tetap memasok arus listrik ke aki walau di aki sudah penuh. Efek ini kadang dibarengi badan aki menggelembung.
- Mesin tak mau start setelah didiamkan selama paling tidak 2 hari. Ini akibat kelalaian pemilik mobil malas melihat ketinggian air aki. Atau bisa juga berat jenis air aki sudah berkurang akibat self discharge.
- Sulit start di pagi hari. Biasanya karena pemilik mobil hobi memasang perangkat aksesori yang berkaitan dengan listrik. Bisa head unit, power amplifier, speaker seabrek-abrek, sampai meningkatkan daya lampu jauh di atas normal tanpa meningkatkan kapasitas altenator dan aki.
- Badan aki memiliki suhu sangat panas. Coba tengok sekitar ruang mesin. Apakah mesin mobil sudah di modifikasi ekstrem? Modifikasi ekstrem dan dipakai harian akan meningkatkan suhu ruang mesin.
- Tiba-tiba tidak bisa start. Kejadian paling menyebalkan. Coba cek kepala aki. Biasanya hanya kendor atau kotor. Longgarkan baut ikatannya, lalu kencangkan kembali sampai kepala kabel tak bisa bergerak lagi.
- Tidak bisa start. Ingat-ingat kapan terakhir beli aki. Biasanya kalau lewat dari 1,5 tahun, memang sudah waktunya ganti. Paling enak, ketika beli aki baru, tulis tanggal pembelian di badan aki pakai spidol yang tak bisa dihapus.
- Cairan aki kurang baik. Begitu banyak air aki botol biru yang beredar. Mulai hypermarket, SPBU sampai bengkel kecil biasanya ada. Biar aman, beli di SPBU, bengkel besar atau toko yang menjual aki.
- Jangan menguras cairan elektrolit atau accu zuur jika aki sudah mulai lemah. Cukup setrum ulang saja, aki greng lagi.
Tips membersihkan soket kelistrikan
Musim hujan yang datang bisa dianggap berkah, tetapi harus waspada juga kalau menyangkut kinerja mesin.
Air yang terciprat dari kolong kendaraan kadang bisa membuat kotoran menumpuk. Parahnya kalau menumpuk di soket kelistrikan, pasti fitur mobil akan terganggu. Padahal, membersihkannya pun tak bisa sembarangan.
Paling penting, harus memilah-milah obat pembersih khusus perangkat kelistrikan. Khusus untuk hal ini karena mengandung unsur listrik jadi pembersih yang digunakan pun harus yang khusus membersihkan kelistrikan, lebih aman karena tidak menghantarkan arus listrik dan cepat kering.
Beberapa perangkat yang mengalirkan arus listrik, contohnya soket motor wiper (gbr. 1). Perangkat ini apabila kotoran menumpuk, pasti akan menyebabkan aliran listrik tidak stabil. Indikasi paling mudah, buka soket dan lihat kondisinya.
Apabila terlihat banyak kotoran menghitam, sudah tandanya untuk dibersihkan. Semprot dan usapkan saja perlahan dengan tangan untuk kotoran membandel. Jika sudah ada karat mau tak mau harus diampelas.
Untuk kendaraan yang sudah berumur, lihat juga kondisi soket lain seperti kabel menuju koil atupun soket lampu (gbr. 2). Efeknya, kabel koil yang longgar bisa mengakibatkan mesin terasa tersendat, begitu juga dengan soket lampu yang bisa membuat sinar lampu menjadi redup. Diusahakan jangan satu sisi soket saja yang disemprot, soket bagian motor juga dibersihkan.
Kelar soket dibersihkan, ada juga perangkat listrik lain yang utama, yaitu terminal aki (gbr. 3). Setelah sekian lama, biasanya ada kerak putih akibat kondensasi uap air aki yang menumpuk. Kalau terlalu banyak, gejala seperti aki kehabisan setrum jamak ditemui. Dapat menggunakan pembersih khusus listrik atau menggunakan air panas. Semprot, lalu gunakan lap kain bersih untuk menghilangkan bekas kotoran.
So, tidak perlu khawatir lagi jika harus driving hujan-hujanan. (sumber mobil.otomotifnet.com)
Dahulukan yang Sehat
Mogok di tengah jalan? Jumper aki
merupakan salah satu jalan keluar yang paling sering dipakai. Terlihat
mudah dan sederhana, namun tetap harus memperhatikan kaidah-kaidah yang
ada supaya terhindar dari bahaya. Baik itu bagi aki, kelistrikan mobil
dan jug
Berikut langkah-langkah aman buat jumper aki :1. Posisikan kedua mobil dengan baik dan benar. Jangan menghalangi jalan. Tempatkan mobil supaya kedua aki bisa berada berdekatan. | |
2. Bersihkan kutub positif dan negatif aki yang lemah. | |
3. Hubungkan penjepit kabel jumper berwarna merah ke kutub positif. Baik pada mobil yang memiliki aki sehat maupun lemah. | |
4. Pasang penjepit kabel jumper berwarna hitam pada kutub negatif. Dahulukan memasang penjepit kabel pada mobil dengan aki lemah, diteruskan aki sehat. | |
5. Start terlebih dahulu mobil dengan aki sehat. Biarkan beberapa saat. | |
6. Coba start mobil dengan aki lemah. | |
7. Setelah berhasil, lepaskan kabel jumper. Dahulukan kabel jumper pada kutub negatif. | |
8. Pada mesin yang sudah bisa dihidupkan, biarkan beberapa saat supaya terjadi proses pengisian. |
Do & Don't
Perhatikan sepuluh daftar hal yang harus dan tidak seharusnya kita lakukan
1. Perhatikan selalu kondisi air aki mobil. Pastikan selalu berada di antara batas lower dan upper level. | |||||||||||||||||||||||
2. Untuk mencegah mobil over charge atau under charge, pastikan pengisian mobil selalu dalam kondisi baik. | |||||||||||||||||||||||
3. Sediakan selalu kabel jumper di mobil, untuk berjaga-jaga kalau sewaktu-waktu aki drop. | |||||||||||||||||||||||
4. Sesekali periksa kepala aki. Pastikan selalu terpasang kuat. | |||||||||||||||||||||||
5. Gunakan kacamata dan sarung tangan pelindung saat menangani aki. Asam sulfur dalam aki bisa mengakibatkan luka bakar dan kebutaan. | |||||||||||||||||||||||
6. Jangan gunakan aki di tempat dekat api. Aki bisa menghasilkan gas hidrogen, kesalahan penanganan bisa berakibat ledakan. | |||||||||||||||||||||||
7. Jangan gunakan air mineral atau air ledeng untuk menambah cairan aki. Pastikan hanya memakai air suling yang tidak mengandung unsur logam. | |||||||||||||||||||||||
8. Jangan menguras cairan elektrolit atau accu zuur kalau daya kerja aki mulai menurun. Cukup disetrum aja. | |||||||||||||||||||||||
9. Jangan males bersihin terminal aki dan lubang tutup aki. Performa dan kemudahan starter kendaraan ditentukan oleh kebersihannya. | |||||||||||||||||||||||
10. Jangan menambah aksesoris melebihi kapasitas altenator mobil. Bisa berakibat aki tekor. |
No comments:
Post a Comment