BATERAI (ACCU) bag. 1
DEFINISI BATERAI
Baterai adalah sebuah kotak yang terbuat dari bahan karet atau plastik yang dikeraskan
FUNGSI
Sebagai Penyimpan arus listrik DC
2. KOTAK BATERAI
3. TERMINAL BATERAI
12.SEPARATOR
13.RUANG ENDAPAN
RANGKAIAN INSTALASI PEMAKAIAN BATERAI
RANGKAIAN PARALEL
RANGKAIAN SERI PARALEL
RANGKAIAN INSTALASI PENGISIAN BATERAI
PENGISIAN LAMBAT
Pengisian lambat membutuhkan waktu 6 - 8 jam
PENGISIAN CEPAT
Pengisian cepat membutuhkan waktu 3 jam
SECARA UMUM BATERAI DIBEDAKAN MENJADI 2 JENIS, YAITU :
1. BATERAI TIPE KERING
CONTOH ; Baterai Kering Sepeda Motor (1 amp), baterai remote, baterai Notebook, baterai HP, dll
2. BATERAI TIPE BASAH DIBEDAKAN MENJADI 4 JENIS YAITU :
(gambar dibawah ini adalah ilustrasi bloger)
1.BATERAI DENGAN PENGELUARAN GAS
2. BATERAI DENGAN SAMBUNGAN PROBE
3. BATERAI BEBAS PEMELIHARAAN
4. BATERAI "S"
PERAWATAN DAN PERBAIKAN BATERAI
1. PERIKSA TEGANGAN BATERAI
2. PERIKSA KONDISI BERAT JENIS CAIRAN ELEKTROLIT
Bila Hijau = Sangat Baik
Bila Putih = Baik
Bila Merah = Kurang
Berat jenis standart 1,26-1,28 kg/l
3. PERIKSA TERMINAL BATERAI
KERUSAKAN - KERUSAKAN BATERAI
1. Kotak baterai retak atau pecah
2. Sel baterai rusak
3. Tutup baterai tersumbat sehingga baterai melembung
4. Terminal baterai korosif
5. Air aki selalu kering
6. Tegangan baterai selelu turun
Baterai adalah sebuah kotak yang terbuat dari bahan karet atau plastik yang dikeraskan
Pada mobil, baterai mempunyai fungsi sesuai waktunya, yaitu :
- Pada saat mesin mati, fungsi baterai adalah sebagai penyuplai tenaga kelistrikan bagi aksesoris, lampu radio, dan lain sebagainya
- Pada saat mesin hidup, fungsinya sebagai peyuplai listrik dan stabilizer karena baterai mendapatkan arus dari alternator yang tidak selalu tetap.
- Pada saat starter, fungsinya hanya menghidupkan mesin, semua aksesoris, lampu, radio akan mati, karena semua listrik digunakan untuk menghidupkan mesin
FUNGSI
Sebagai Penyimpan arus listrik DC
KOMPONEN UTAMA DAN FUNGSI
1. PEMBATAS DINDING SEL
Pembatas dinding sel dari sel-sel baterai, baik sel baterai positif
maupun sel baterai negatif dengan tujuan agar tidak terjadi hubungan
singkat di antara sel-sel baterai tersebut dan juga untuk menjembatani
antara sel 1 hingga sel 6 yang mempunyai nilai tegangan masing-masing
sel yaitu 2 Volt
Kotak baterai umumnya terbuat dari bahan karet atau plastik yang
dikeraskan, kotak ini di desain secara baik oleh pabrik pembuatnya
dengan tujuan untuk melindungi dan menghindari benturan atau gangguan
yang datang dari luar baterai semisal bentuk kejatuhan dari ketinggian
secara tak sengaja, ataupun tertimpa sebuah alat semacam dongkrak. namun
demikian sbaik apapun kotak baterai ini di buat terkadang mempunyai
umur pemakaian yang tidak maksimal semisal ketika jatuh dari ketinggian
tertentu terkadang kotak baterai langsung pecah dan cairan
elektrolitnyapun langsung berhamburan.
3. TERMINAL BATERAI
Terminal baterai berfungsi sebagai tempat mengikat kabel-kabel
terminal baterai yang akan menuju kepada terminal-terminal lain semisal
terminal pada kunci kontak, desain terminal baterai secara kasat mata
tidak mempunyai perbedaan yang berarti namun bila kita perhatikan secara
seksama sebenarnya kedua terminal tersebut mempunyai diameter yang
berbeda antar terminal (+) dengan terminal (-). umumnya perbedaan
tersebut terletak pada terminal (+) yang mempunyai diameter terminalnya
lebih besar dari diameter terminal (-). Hal ini di desain dengan sengaja
dengan tujuan untuk menghindari kesalahan pemasangan oleh teknisi mesin
ketika melihat tanda-tanda (+) dan (-) yang tercetak dengan bentuk
reflika timbul pada baterai telah mengalami keruskan atau keausan.
4. TUTUP BATERAI
Tutup baterai terbuat dari bahan plastik yang tahan panas dan zat
kimia, pada bagian bawahnya terdapat ulir yang akan terkait pada tutup
kotak baterai dan berbentuk segi empat memanjang sedangkan di bagian
atas dari tutup baterai tersebut terdapat lubang-lubang ventilasi.
5. LUBANG VENTILASI
Lubang ventilasi yang terdapat pada bagian atas dari kepala tutup
baterai mempunyai fungsi untuk membuang gas hasil destilasi cairan
elektrolit ketika baterai di berikan beban pemakaian tegangan listrik
yang mengalir dalam rangkaian-rangkaian seperti ; sistem starter, sistem
pengapian maupun sistem penerangan. mengingat gas yang keluar malalui
tutup baterai sangat berbau, jangan di hirup karena akan mengganggu
kesehatan tubuh
6. TUTUP KOTAK BATERAI
Tutup kotak baterai berada di bagian atas yang menjadi penutup dari sebuah kotak baterai yang berfungsi melindungi komponen-komponen baterai bagian dalam dari kejatuhan partikel kotoran dan debu yang beterbangan di dalam bengkel ataupun cairan pelumas yang tertumpah secara tidak sengaja oleh teknisi bengkel.
Tutup kotak baterai berada di bagian atas yang menjadi penutup dari sebuah kotak baterai yang berfungsi melindungi komponen-komponen baterai bagian dalam dari kejatuhan partikel kotoran dan debu yang beterbangan di dalam bengkel ataupun cairan pelumas yang tertumpah secara tidak sengaja oleh teknisi bengkel.
7. PENGHUBUNG SEL
Penghubung sel berfungsi untuk menghubungkan sel-sel dari tiap-tiap sel baterai agar tiap sel baterai saling bersinergi menjadi nilai tegangan yang maksimal. Tiap-tiap sel yang saling dihubungkan mempunyai nilai 2 Volt bila setiap sel dari tiap sel tersebut terdapat 6 berarti nilai tegangan dari baterai tersebut kurang lebih 12 Volt.
Penghubung sel berfungsi untuk menghubungkan sel-sel dari tiap-tiap sel baterai agar tiap sel baterai saling bersinergi menjadi nilai tegangan yang maksimal. Tiap-tiap sel yang saling dihubungkan mempunyai nilai 2 Volt bila setiap sel dari tiap sel tersebut terdapat 6 berarti nilai tegangan dari baterai tersebut kurang lebih 12 Volt.
8. PEMBATAS ANTARA
Pembatas antara tutup kotak baterai dengan kotak baterai itu sendiri
biasanya direkatkan sangat kuat agar penutup baterai tidak lepas
ketika di angkat atau dipindahkan kedalam ruang mesin oleh teknisi
bengkel. Hal ini memberikan kesan bahwa sistem baterai didesain dengan
keakuratan tinggi.
9. SEL (-)
9. SEL (-)
Sel baterai terdiri dari gabungan plat positif dan plat negatif yang
disekatkan oleh separator antara plat yang satu dengan plat yang
lainnya, Jumlah dan ukuran plat adalah dua faktor yang menentukan
kapasitas amper-jam nominal dari sel. Setiap grup plat positif dan
setiap grup plat negatif masing-masing di satukan oleh pemegang platnya
sendiri. Pada setiap sel jumlah plat negatif lebih banyak satu dari pada
plat positif, sehingga sisi luar plat sel adalah negatif.
10.SEL (+)
10.SEL (+)
11.ALAS BATERAI
12.SEPARATOR
13.RUANG ENDAPAN
Referensi Lain:
Komponen accu/battery |
1. | Grid | ||||||||
|
|||||||||
2. | Lempengan (elektroda) | ||||||||
|
|||||||||
3. | Penyekat (separator) | ||||||||
|
|||||||||
4. | Susunan lempengan (kelompok sel) | ||||||||
|
|||||||||
5. | Kemasan Accu | ||||||||
|
|||||||||
6. | Tutup atas dan sumbat | ||||||||
|
|||||||||
7. | Pemisah sel/terminal | ||||||||
|
|||||||||
8. | Elektrolit (Larutan Asam Belerang-Sulfuric Acid) | ||||||||
|
RANGKAIAN SERI
Pada
Rangkaian Seri jika dua buah baterai di jumper menjadi satu rangkaian,
maka tegangannya akan bertambah tetapi arusnya tetap.
RANGKAIAN PARALEL
Pada
Rangkaian Paralel jika dua buah baterai di jumper menjadi satu, maka
tegangannya tidak bertambah (tetap) tetapi arusnya bertambah.
RANGKAIAN SERI PARALEL
Pada
Rangkaian Seri-Paralel, jika tiga buah baterai di jumper menjadi satu,
maka tegangannya bertambah, (terakumulasi hanya dua buah baterai) dan
arusnya pun bertambah lebih besar.
RANGKAIAN INSTALASI PENGISIAN BATERAI
PENGISIAN LAMBAT
Pengisian lambat membutuhkan waktu 6 - 8 jam
PENGISIAN CEPAT
Pengisian cepat membutuhkan waktu 3 jam
SECARA UMUM BATERAI DIBEDAKAN MENJADI 2 JENIS, YAITU :
1. BATERAI TIPE KERING
CONTOH ; Baterai Kering Sepeda Motor (1 amp), baterai remote, baterai Notebook, baterai HP, dll
2. BATERAI TIPE BASAH DIBEDAKAN MENJADI 4 JENIS YAITU :
1.BATERAI DENGAN PENGELUARAN GAS
Baterai
dengan pengeluaran gas adalah baterai yang umum kita lihat sehari-hari
terutama pada sepeda motor di mana pada baterai ini dilengkapi dengan
selang pengeluaran gas yang berfungsi sebagai saluran pembuang gas
hasil destilasi uap cairan elektrolit ketika baterai diberikan beban
listrik.
2. BATERAI DENGAN SAMBUNGAN PROBE
Baterai
ini dilengkapi dengan sebuah probe yaitu semacam alat sensor yang dapat
mendeteksi tinggi atau rendah cairan elektrolit yang terdapat didalam
baterai. Bila cairan elektrolit di dalam baterai berada pada posisi
Lower Level, otomatis probe akan mengirimkan sinyal dalam bentuk bunyi
yang akan memberitahukan pemilik kendaraan untuk melakukan pengisian
kembali cairan elektrolit.
3. BATERAI BEBAS PEMELIHARAAN
Pada
baterai ini gas hasil destilasi yang seharusnya keluar melalui tutup
baterai yang dapat mengakibatkan korosif pada terminal baterai di
gunakan kembali (reuse) di dalam baterai itu sendiri sehingga
memungkinkan pemilik kendaraan tidak terlalu repot melakukan perawatan
pada baterai jenis ini
4. BATERAI "S"
Baterai
"S" bermakna Special atau khusus, karena baterai ini mempunyai desain
khusus terutama pada bagian separatornya yang berbeda dengan desain
separator pada umumnya
PERAWATAN DAN PERBAIKAN BATERAI
1. PERIKSA TEGANGAN BATERAI
Periksa tegangan baterai dengan menggunakan Multitester
Tegangan yang baik 12 - 13,5 Volt
Tegangan yang baik 12 - 13,5 Volt
Bukalah semua tutup baterai lalu
Periksa Tiap-tiap sel baterai dengan menggunakan Multitester
Jika baterai yang diukur 12 Volt berarti tiap sel harus turun 2 Volt
Berhati-hatilah jangan sampai merusak sel-sel dari tiap sel baterai yang di ukur
2. PERIKSA KONDISI BERAT JENIS CAIRAN ELEKTROLIT
Lakukan pemeriksaan dengan menggunakan Hidrometer, Bacalah pada takaran ukuran yang ada
Bila Hijau = Sangat Baik
Bila Putih = Baik
Bila Merah = Kurang
Berat jenis standart 1,26-1,28 kg/l
3. PERIKSA TERMINAL BATERAI
Periksa
terminal baterai dari kemungkinan korosif atau timbul jelaga salju
akibat terkena uap dari cairan elektrolit, jika timbul demikian
bersihkan
jangan lupa periksa juga sambungan-sambungan kabel terminal baterai dari karat atau putus
KERUSAKAN - KERUSAKAN BATERAI
1. Kotak baterai retak atau pecah
2. Sel baterai rusak
3. Tutup baterai tersumbat sehingga baterai melembung
4. Terminal baterai korosif
5. Air aki selalu kering
6. Tegangan baterai selelu turun
(http://otomotifdasar.blogspot.com/2012/10/sistem-pengapian_30.html)
Referensi Lain
Metode Cara Memperbaiki Aki Kering
Metode tersebut dapat anda terapkan
untuk aki kering sepeda motor anda yg telah mulai rewel. Jengkel pula
ketika hendak keburu kerja normal menggunakan motor 1x pencet double
starter segera hidup, namun tiba-tiba saja tidak mau hidup motor
tersebut. Sesudah kejadian tersebut saya cukup banyak bertanya kepada
temen, pada umumnya menyampaikan jika aki kering telah rusak maka wajib
ganti yg baru. Penasaran dengan respom sama kawan-kawan akhirnya saya
dapatkan penjelasan via internet. Hasilnya menemukan pula metode atau
cara memperbaiki aki kering. Disini saya bakal berbagi tips sedikit.
Sistem Accu/Aki kering :
Cara dan metode Memperbaiki Accu/Aki Kering :
Ada baiknya anda siapkan/kumpulkan bahan-bahan bakunya:Accu Zuur, jangan sampai keliru dalam memilih.Suntikan [beli dimana pada umumnya digunakan untuk reffil tinta]
- Ambil/lepas terlebih dahulu aki kering dimana berada pada box sepeda motor Anda. Penting anda hafalkan urutan kabel-kabelnya.
- lepas dan buka penutup aki, pada umumnya ada 3 buah lubang dgn penutup terbuat dari karet.
- Masukan/isikan Accu Zuur tadi kedalam aki kering sampai dengan kira-kira setinggi 1cm dari mulut lubang aki.
- Tutup rapat-rapat lagi lubang aki, silahkan coba pasang kembali ke dalam box motor Anda lalu pasangkan lagi kabel-kabelnya, jangan sampai salah ya.
- Sesudah semuanya terpasang dengan bagus dan rapi, silahkan test dan coba nyalakan motor kurang lebih 15 menitan sekiranya hingga aki bisa terisi kembali cukup banyak.
Pada umumnya buat aki kering bawaan
sepeda motor dimana masih asli periode hidupnya dapat mencapai 3-5 thn
serta jika mati dan di isi ulang lagi pada umumnya memang udah aus/hanya
dapat buat lampu saja.Akan tetapi buat aki kering dimana tidak
merupakan bawaan sepeda motor yg anda beli pada toko-toko semacam GS
yuasa tersebut masih amat mungkin buat dapat di perbaiki dikarenakan
pada umumnya aki tersebut bertahan 1-2 thun dari pembelian. Oleh sebab
itu, mutu elemenya masih baik.
Bila teknik tersebut tdk sukses pula,
kelihatannya telah saatnya anda wajib mengganti aki kering motor anda.
Mudah-mudahan tips Memperbaiki Aki Kering tersebut dapat berguna untuk
anda. Selamat mencoba.
Referensi Lagi:(http://idkf.bogor.net/yuesbi/e-DU.KU/edukasi.net/Peng.Pop/Otomotif/Merawat.Accu/versicetak.htm)
PENGANTAR Keberadaan batere atau dikenal sebagai aki sering diabaikan oleh pemilik kendaraan. Padahal ia termasuk komponen penting pada mobil. Jangan berharap menghidupkan mesin mobil tanpa aki seperti mobil-mobil produksi tahun lawas yang hanya menggunakan engkol untuk menghidupkan mesin. Sekarang, kebanyakan mobii diproduksi dengan teknologi yang serba elektrik bahkan ada yang mengandalkan kerja microchip untuk system pengapiannya. Maka, kini tidak aida lagi istilah dorong mobil kala menghadapi masalah kelistrikan akibat aki tak berfungsi normal. Oleh karena itu batere atau aki mobil harus dalam kondisi prima. Untuk itu perlu mengenali karakter aki mobil Anda. Silakan pilih menu berikut:
|
|
MENGENAL
AKI Aki (accumulator) atau baterai merupakan piranti amat penting pada mobil. Untuk mengenal lebih jauh tentang aki akan dijelaskan pada : 1. Fungsi Aki 2. Konstruksi dan Cara Kerja Aki 3. Macam-macam Aki |
1.
Fungsi Aki.
Aki berfungsi sebagai media penyimpan dan pensuplai arus listrik pada waktu kendaraan distarter. |
Fungsi
lainnya sebagai pemasok arus listrik untuk kebutuhan lampu-lampu waktu kendaraan
berhenti/parkir di malam hari, alarm, jam elektronik, dan sebagainya saat
mesin mati. Ketika mesin hidup, aki berhenti bekerja. la hanya menerima pengisian yang dikirim oleh alternator (dinamo ampere) |
2.
Konstruksi dan Cara Kerja Aki Dalam aki terdapat elemen dan sel untuk penyimpan arus yang mengandung asam sulfat (H2SO4). Tiap sel berisikan pelat positif dan pelat negatif Pada pelat positif terkandung oksid timah coklat (Pb 02), sedangkan pelat negative mengandung timah (Pb). Pelat-pelat ditempatkan pada batang penghubung. Pemisah atau separator menjadi isolasi diantara pelat itu, dibuat agar baterai acid mudah beredar disekeliling pelat. Bila ketiga unsur kimia ini berinteraksi, muncullah arus listrik. |
|
3.
Macam-Macam Aki Ada 2 jenis aki : aki basah dan aki kering. Aki basah : media penyimpan arus listrikjni merupakan jenis paling umum digunakan. Aki jenis ini masih perlu diberi air aki yang dikenal dengan sebutan accu zuur. Selain aki jenis ini, ada beberapa jenis aki basah lainnya : |
|
-
Low Maintenance
Jenis ini bentuknya mirip dengan aki basah biasa dan tetap punya lubang pengisian di atasnya. Bedanya, aki ini sudah diisi air sejak dari pabrik. Untuk pengisian air aki (bukan dengan accu zuur) bisa dilakukan dalam 6 bulan hingga 1 tahun.
-
Maintenance Free
Aki jenis ini tidak mempunyai lubang pengisian air, meski berisi cairan. Mirip jenis low maintenance, aki ini juga sudah diisi air dari pabrik. Bahan perak yang dipakai buat elektroda membuat airnya tidak menguap. Kalaupun menguap akan dikembalikan lagi ke dalam. Keuntungannya adalah aki jenis ini tidak butuh perawatan Aki Kering : Aki jenis ini tidak memakai cairan, mirip seperti batere telpon selular. Aki ini tahan terhadap getaran dan suhu rcndah. Dimensinya yang kecil bisa menimbulkan keuntungan dan kerugian. Keuntungannya, tak banyak makan tempat. Sedangkan kerugiannya, tidak pas di dudukan aki aslinya. Aki jenis ini samasekali tidak butuh perawatan, tetapi rentan-terhadap pengisian berlebih dan pemakaian arus yang sampai habis, karena bisa merusak sel-sel penyimpanan arusnya. |
Aki
terdiri atas sel-sel yang mempunyai tegangan kira-kira 2 volt untuk masing-masing
sel. Ketika pengisian dilakukan, tegangan pada ukuran 14-14,8 volt harus
dipertahankan |
|
1. | Periksa kuantitas air aki. Jaga permukaan air tidak sampai di bawah low level atau di atas upper level. Bila cairan aki kurang segera tambahkan air aki yang sering dikenal juga sebagai air suling. Jika air aki berada di atas upper level mengakibatkan muatan melebihi batas dan air aki menjadi panas dan meluap keluar melalui tutup sel, sehingga air aki akan berkurang dengan cepat. |
2. | Periksa kemungkinan retak atau bocor di sekeliling kotak aki. Apabila retak atau bocor, air aki akan cepat habis. |
3.
|
Periksa
kondisi terminal aki tempat tertambatnya kabel positf dan negative . Bagian
ini hams selalu bersih supaya aliran listrik tak mengalami gangguan Bersihkan
segera kotoran atau kerak karbon pada terminal aki dengan cara mencopot
mur-baut terlebih dahulu . Bersihkan dengan menggunakan air panas. Kalau
perlu lakukan pengamplasan pada kedua kepala aki sebelum dipasang. Jangan lupa kencangkan kembali baut-baut terminal tersebut. |
4. | Periksa
lubang pengisian atau sumbat ventilasi. Pastikan lubang ventilasi ini
terbuka. |
Jika terlambat memperhatikan kondisi aki, umumnya mengakibatkan lemahnya suplai listrik, walaupun aki baru terpakai enam bulan. Menyiasati kondisi ini, segera kosongkan cairan aki dan ganti dengan air aki sir. Cairan ini biasanya dijual dengan tanda label merah. Lalu nyalakan mesin tanpa penggunaan listrik selama beberapa saat. Bila tidak juga membantu mengembalikan optimasi fungsi aki, Anda harus meniinta jasa bengkel untuk melakukan recharge. Atau ganti saja aki kendaraan Anda dengan yang baru.
SEMOGA BERMANFAAT
1 comment:
ituDewa.com Poker Domino QQ | Ceme Judi Domino QQ | Agen Domino QQ | Domino QQ
Online | Agen Poker | Judi Poker | Poker Online | Agen OMAHA | Agen SuperTen
Agen Judi Online Terpercaya dan Terbaik di Indonesia
Menyediakan berbagai macam permainan Judi Kartu Online Terlengkap
1 ID untuk 7 Game Permainan yang disediakan oleh Situs ituDewa
* DominoQQ
* Poker
* Bandar Ceme
* Capsa Susun
* Super 10
* Ceme Keliling
* Omaha Poker
=> Bonus Gebyar Hadiah Bulanan ituDewa
=> Bonus Cashback 0.3% (dibagikan setiap hari kamis)
=> Bonus Refferal 20% (dibagikan setiap Minggunya seumur hidup)
=> Bonus FreeChip Upline Referral 100K(Setiap Ajak Teman Bermain)
=> Customer Service 24 Jam Nonstop
=> Support 7 Bank Lokal Indonesia (BCA, BNI, BRI, Mandiri, Danamon, Cimb Niaga, Permata Bank)
=> Menerima Deposit VIA PULSA (Pulsa Telkomsel dan Pulsa XL)
=> Menerima Deposit VIA E-Money (OVO dan GOPAY)
* Pusat Bantuan ituDewa
LINE : ituDewa
WECHAT : OfficialituDewa
WHATSAPP : +85561809401
Kunjungi Juga Bimbingan Kemenangan Main Judi Online :
* Melatih Strategi Permainan
* Inspirasi Meraih Mimpi
Post a Comment